Sabtu, 02 April 2016 17:07:23

Lulus atau Lolos

Lulus atau Lolos

Beritabatavia.com - Berita tentang Lulus atau Lolos

Dalam menghadapi ujian atau tes, apa yang diharapkan dari para pesertanya? Dipastikan sebagian besar mereka memimpikan, mendambakan untuk dapat ...

Lulus atau Lolos Ist.
Beritabatavia.com - Dalam menghadapi ujian atau tes, apa yang diharapkan dari para pesertanya? Dipastikan sebagian besar mereka memimpikan, mendambakan untuk dapat lulus. Makna lulus dalam konteks ini adalah memenuhi standar yang dipersyaratkan dan dinyatakan layak mengikuti kegiatan-kegiatan tahap berikutnya yang mempersyaratkan adanya suatu kelulusan.

Lulus dari ujian ternyata belum dapat memastikan untuk bisa mengikuti apa yang diidamkan. Karena masih memerlukan persyaratan untuk dapat dinyatakan lolos.

Lolos dapat dimaknai terlepas dari cengkeraman, ancaman, tawanan, atau dari segala sesuatu maupun bentuk yang mengancamnya.

Lolos pada konteks ini dapat dianalogikan peserta ujian atau tes dalam kondisi terancam secara simbolik.

Terancam dari: Ketidak terbukaan, adu kekuatan para patron, banyaknya kepentingan, peserta-peserta yang kucing-kucingan atau yang sudah mendapat bocoran dan sebagainya.

Lulus menjadi standar ideal namun lolos menjadi standar aktualnya. Bisa saja lulus tetapi tidak lolos, atau sebaliknya tidak lulus tapi lolos.

Makna lulus dan lolos memang bagai keping uang logam yang sedang diundikan. Kalau ingin mendapatkan kepastian maka  harus lulus dan lolos. Atau bagaimana bisa mengatasi ancaman-ancaman tadi sehingga bisa lolos walaupun tidak lulus. Lulus menjadi standar dasar idealisme, namun di dalam dunia aktual ternyata lolos lebih penting dari sekadar lulus.

Kalau kita melihat dan  mendengar pidato pak lurah dari wayang kampung sebelah, yang
membolak balikkan kata-kata sehingga para hadirin dan  hadirot menjadi pusing semuanya.

Dalam halinipun sepertinya juga sama dalam pidato-pidato kelulusan dan kelolosan. Lulus itu baik tetapi harus lolos. Lolos itu penting walaupun tidak lulus.

Lulus menjadi tidak penting apabila tidak lolos. Tidak lulus tidak menjadi penting asal bisa lolos. Saya mumet silakan pembaca meneruskan sendiri terimakasih. O Kombes DR Cdl


Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 04 Juni 2020
Kamis, 28 Mei 2020
Selasa, 26 Mei 2020
Sabtu, 23 Mei 2020
Rabu, 20 Mei 2020
Kamis, 14 Mei 2020
Senin, 04 Mei 2020
Senin, 27 April 2020
Sabtu, 25 April 2020
Sabtu, 18 April 2020
Rabu, 15 April 2020
Jumat, 10 April 2020