Senin, 02 Mei 2016 14:04:24

Pendidikan Masa Depan Bangsa

Pendidikan Masa Depan Bangsa

Beritabatavia.com - Berita tentang Pendidikan Masa Depan Bangsa

Tujuh puluh satu tahun merdeka, seyogianya sistim pendidikan sudah tidak lagi menuai berbagai pertanyaan. Benarkah pendidikan membuka mata, telinga ...

Pendidikan Masa Depan Bangsa Ist.
Beritabatavia.com - Tujuh puluh satu tahun merdeka, seyogianya sistim pendidikan sudah tidak lagi menuai berbagai pertanyaan. Benarkah pendidikan membuka mata, telinga bahkan pikiran untuk dapat memajukan,menyehatkan bahkan memanusiakan manusia atau justru merusak bahkan dapat mematikan hidup dan kehidupan manusia?

Pendidikan semangatnya adalah mencerdaskan bukan mendoktrin dan memaksakan serta bukan proses cuci otak. Makna mencerdaskan ada keberanian bertanya, berbeda pendapat dan mampu mengkonstruksi bahkan menemukan hal baru.

Dengan demikian kecerdasan bukanlah mengekor, membebek, mengecerkan pendapat-pendapat atau teori-teori orang lain tanpa mampu mendapatkan hal baru. Proses belajar yang basisnya menghafal tidak akan dapat menemukan apa-apa dan membuat atau memaksa untuk nyontek, plagiat dan sebagainya. Proses belajar menghafal ini model belajar binatang sirkus (mangun wijaya). Belajar adalah proses pendewasaan untuk berani mau dan mampu membuka diri bahkan berdebat untuk menemukan hal baru.

Model-model pendidikan yang otoriter (pemaksaan) akan juga menghasilkan model-model pengkultusan dan menjadi ekslusive dan  otoriter juga. Produk pembelajaran ini akan berujung pada intoleran serta munculnya kejumawaan yang sebenarnya menjadi kontraproduktif atau memicu konflik.

Pengajaran sekarang ini tidak hanya disekolah-sekolah formal, jalur-jalur non formalpun bisa menjadi sarana pembelajaran. Pembelajaran memang tidak serta merta langsung bisa merasuk ke dalam sukma untuk diimplementasikan namun melalui tahap-tahap sebagai berikut: 1. Tahu, 2. Memahami, 3. Bisa memanfaatkan 4. Mengembangkan. Demikian halnya mencerdaskan bahkan cuci otak sekalipun tidak serta merta dan bukan proses instan. 

Pendidikan yang mendewakan nilai, ranking atau status, sebenarnya proses pembodohan.Keinginan belajar dengan cara-cara instan dengan outsourching juga penyesatan. Karena hal itu hanya akan menjadi kebanggaan semu,rapuh mudah patah. Bangsa yang kuat ditopang sistem pendidikan yang baik dan guru-guru yang hebat serta keberpihakan political will pada pengembangan SDM. Orang bisa kaya dengan cepat, mustahil  pandai secara mendadak. Selamat hari pendidikan nasional. O Kombes DR CdL

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 04 Juni 2020
Kamis, 28 Mei 2020
Selasa, 26 Mei 2020
Sabtu, 23 Mei 2020
Rabu, 20 Mei 2020
Kamis, 14 Mei 2020
Senin, 04 Mei 2020
Senin, 27 April 2020
Sabtu, 25 April 2020
Sabtu, 18 April 2020
Rabu, 15 April 2020
Jumat, 10 April 2020