Rabu, 12 Desember 2018

Jadikan Ciracas Introspeksi

Jadikan Ciracas Introspeksi

Beritabatavia.com - Berita tentang Jadikan Ciracas Introspeksi

Aksi penyerbuan dan pengerusakan serta pembakaran sejumlah kendaraan terjadi di markas Polsek Ciracas, Jln Raya Bogor, Jakarta Timur,  ...

Ist.
Beritabatavia.com -
Aksi penyerbuan dan pengerusakan serta pembakaran sejumlah kendaraan terjadi di markas Polsek Ciracas, Jln Raya Bogor, Jakarta Timur,  Selasa 11 Desember 2018, sekitar pukul 22.00. Peristiwa yang dilakukan sekelompok massa itu juga menimbulkan korban luka dua anggota polisi dan Kapolsek Ciracas Kompol Agus Widar.

Sekitar pukul 20.00, puluhan massa mendatangi Polsek Ciracas. Mereka menuntut agar semua pelaku pengeroyokan Kapten Komarudin anggota TNI AL ditangkap. Perwira pertama TNI AL itu dikeroyok tukang parkir di lokasi parkir Arundina, Ciracas, Jakarta Timur pada Senin 10 Desember 2018 sekitar pukul 15.30.

Penjelasan Kapolres Jakarta Timur  Kombes Tony Surya Putra dan Kapolsek Ciracas Kompol Agus Widar, tak mampu meredam amarah massa. Saat Kapolres dan Kapolsek menjelaskan perihal duduk perkara pengeroyokan Kapten Komarudin di halaman markas Polsek Ciracas, terdengar teriakan "kalau tidak mampu menangkap, serahkan pada kami,". Hingga kemudian massa meluapkan kemarahan dengan merusak kantor Polsek dan membakar sejumlah kendaraan bermotor yang sedang parkir.

Tidaklah begitu sulit untuk mengetahui apa yang menjadi pemicu peristiwa di Polsek Ciracas, Jakarta Timur. Sebab motifnya dapat terlihat secara kasatmata. Sehingga untuk mengungkap dan menangkap siapa pelakunya, juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Kendati prosesnya sarat dengan kendala.

Tetapi,peristiwa yang terjadi di Polsek Ciracas bukan hanya sekadar menangkap pelaku dan memprosesnya secara hukum. Hendaknya, akan lebih baik jika    peristiwa Polsek Ciracas, Jakarta Timur kita jadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas pelayanan. 
Sebab, peristiwa di Polsek Ciracas potensi terulang dan terjadi di institusi atau unit-unit pelayanan public lainnya. Apabila kualitas pelayanan dan kinerja para aparat pemerintah tidak memuaskan sehingga memicu kemarahan masyarakat. 

Selain melakukan proses hukum atas tindakan pengerusakan dan pembakaran di Polsek Ciracas. Peristiwa Polsek Ciracas akan memberikan khikmah dan manfaat, bila Polri dan seluruh lembaga atau instansi pemerintah menjadikannya sebagai introspeksi. Sekaligus momentum untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan komunikasi kepada masyarakat.

Polri dan kita semua harus berjiwa besar menerima dan menjadikan peristiwa Polsek Ciracas sebagai dasar untuk menekan stigma sosial terhadap Polri dan aparat pelayanan publik lainnya. Polri dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab serta fungsinya harus terus berupaya lebih profesional,modern dan terpercaya (Promoter).

Polri tidak boleh berkecil hati, atau merasa tertekan dan bersalah. Tetapi Polri harus semakin Promoter dengan hati yang tulus memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman masyarakat.

Sehingga Polri tidak lagi dituding berpihak dan berbeda sikap serta tindakan dalam menangani perkara. Karena terlihat cekatan dan cepat saat menangani perkara atau kasus tertentu. Sementara, mendadak loyo atau seperti kehilangan kemampuan ketika berhadapan dengan perkara tertentu lainnya. Polri harus menjadikan kritik hingga tudingan sebagai multivitamin dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab. 

Pimpinan Polri harus memberikan pemahaman agar setiap  anggota Polisi menyadari bahwa institusi Polri adalah tempat kumpulan orang-orang baik untuk menjaga kehidupan masyarakat. Polri harus mampu mewujudkan rasa aman, nyaman dan tertib saat masyarakat melaksanakan aktifitasnya.

Polri menjadi tempat masyarakat untuk mengadu dan mendapatkan keadilan. Polri tidak boleh mengabaikan  pengaduan masyarakat, meskipun informasi yang disampaikan memiliki potensi ancaman kecil. Dalam upaya memelihara ketertiban dan keamanan masyarakat (Kamtibmas) Polri harus selalu ada dimana-mana, meskipun tidak pergi ke mana-mana. O Edison Siahaan

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Senin, 15 April 2019
Senin, 08 April 2019
Selasa, 26 Maret 2019
Senin, 25 Maret 2019
Kamis, 21 Maret 2019
Kamis, 21 Maret 2019
Sabtu, 09 Maret 2019
Jumat, 01 Maret 2019
Senin, 18 Februari 2019
Jumat, 15 Februari 2019
Kamis, 14 Februari 2019
Sabtu, 09 Februari 2019