Senin, 15 April 2019

Polri Pasca Pemilu

Polri Pasca Pemilu

Beritabatavia.com - Berita tentang Polri Pasca Pemilu

Apabila hukum ditegakkan maka akan terlihat dan dirasakan ada keteraturan. Lalu lintas akan aman,selamat,tertib dan lancar, hubungan antar warga ...

Ist.
Beritabatavia.com -
Apabila hukum ditegakkan maka akan terlihat dan dirasakan ada keteraturan. Lalu lintas akan aman,selamat,tertib dan lancar, hubungan antar warga negara hangat dan damai. Korupsi tidak terjadi bahkan sungai-sungai pun akan bersih,  semua akan berjalan sesuai dengan aturan yang telah disepakati. Sebaliknya, bila hukum tidak berfungsi maksimal dan konsisten, maka akan terjadi kekecauan disegala bidang.

Untuk mewujudkan tertib dan taat hukum dibutuhkan polisi sebagai aparat yang profesional,modern, terpercaya (Promoter) serta fokus melakukan penegakan hukum serta bebas dari conflict of interest.

Selain memerlukan sosok polisi yang Promoter,   posisi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dalam susunan sistem ketatanegaraan Indonesia dan sejarah bangsa Indonesia, juga menentukan kinerja Polri. Untuk menjaga Polri sebagai  lembaga independen dan netral, kemudian pasca reformasi   posisi Polri ditetapkan berada  di bawah Presiden. Meskipun belakangan terlihat Polri terlibat atau terpengaruh dengan kepentingan politik.

Meskipun, Polri mengikuti semangat otonomi daerah dengan desentralisasi kekuatan ke satuan Polda, Polres hingga Polsek.Tetapi kewenangan pengawasan dan pelaksanaan atau fungsi operasional maupun administrasi hingga anggaran sepenuhnya dengan sistem sentralistik yang  menjadi keputusan Mabes Polri. Sehingga posisi yang independen dan bersifat sentralistik dan desentralisasi ini membuat Polri kurang focus dan  rawan serta potensi digunakan menjadi abuse of power atau penyimpangan kekuasaan .

Ditengah volume kerja yang sangat berat, apalagi semua agenda, program dan kebijakan serta upaya Polri bersentuhan dengan seluruh aktivitas kehidupan masyarakat. Polri selalu berjanji melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan maksimal. Akan melakukan dan menuntaskan semua proses penyidikan, meskipun anggaran yang tersedia hanya cukup untuk beberapa kasus saja.

Artinya, Polri menerima beban berat dari mulai menyiapkan personil yang Promoter, pelaksanaan tugas, pengawasan, operasional dan seremonial juga harus melakukan lobby politik anggaran. Seyogianya, perlu memperluas desentralisasi anggaran Polri lewat MuO dengan pemerintah daerah. Agar Polda,Polres dapat lebih kreatif dalam bertindak dan disesuaikan dengan karateristik wilayah masing-masing.
 
Polri adalah kumpulan orang-orang baik yang diberikan tugas dan tanggungjawab menjaga kehidupan masyarakat. Maka Polri adalah lembaga independen dengan aparat yang Promoter dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab maupun kewenangannya. Sebagai aparat penegak hukum, sejatinya, Polri tidak lagi dibebani tugas-tugas administrasi atau loby-loby untuk memperoleh anggaran maupun pengawasan dan penilaian kinerjanya.

Polri memerlukan sistem yang disesuaikan dengan hakekat ancaman Kamtibmas serta mempertimbangkan kearifan lokal. Polri akan lebih efektif dan efisien apabila fokus pada bidang operasional kepolisian, penegakan hukum. Sedangkan penyiapan anggaran, administrasi, pengawasan,penilaian dilakukan oleh lembaga independen yang didalamnya terdiri dari orang-orang yang sangat memahami kebutuhan dan keperluan serta proses kinerja Polri. Maka penerapan sistim sentralistik Polri hanya pada bidang operasional yang telah disempurnakan dengan kebutuhan wilayah masing-masing.

Kapolri tidak lagi membutuhkan waktu ke arena politik hanya untuk mendapat persetujuan anggaran. Kapolri bersama jajarannya yang Promoter hanya fokus pada upaya memelihara keamanan dan ketertiban dan penegakan hukum. Polri juga terhindar dari conflict of interest akibat ketidak percayaan publik saat menindak anggotanya yang diduga melakukan pelanggaran kode etik maupun hukum. Pasca Pemilu  menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan kualitas kinerja Polri mewujudkan Kamtibmas dan penegakan hukum. O Edison Siahaan


Berita Terpopuler
Selasa, 15 Oktober 2019
Berita Lainnya
Sabtu, 17 Agustus 2019
Selasa, 13 Agustus 2019
Rabu, 31 Juli 2019
Senin, 22 Juli 2019
Jumat, 19 Juli 2019
Rabu, 10 Juli 2019
Rabu, 03 Juli 2019
Minggu, 30 Juni 2019
Kamis, 27 Juni 2019
Selasa, 25 Juni 2019
Selasa, 04 Juni 2019
Minggu, 26 Mei 2019