Minggu, 26 Mei 2019

Kamseltibcar Mudik Turunkan Suhu Pemilu

Kamseltibcar Mudik Turunkan Suhu Pemilu

Beritabatavia.com - Berita tentang Kamseltibcar Mudik Turunkan Suhu Pemilu

Tradisi mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 2019 sudah diambang pintu. Tetapi ruang dan waktu untuk menyampaikan informasi tentang probelematik mudik ...

Ist.
Beritabatavia.com - Tradisi mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 2019 sudah diambang pintu. Tetapi ruang dan waktu untuk menyampaikan informasi tentang probelematik mudik belum menggema ke telinga publik. Padahal, beragam potensi yang dapat menimbulkan permasalahan seperti kemacetan, kecelakaan lalu lintas.

Animo masyarakat yang tak pernah surut dari tradisi mudik lebaran Hari Raya idul Fitri menjadi tantangan yang harus dijawab oleh penyelenggara lalu lintas dan angkutan jalan.  Kemudian melambungnya harga tiket pesawat dan tersambungnya ruas tol dari Merak hingga Probolinggo, memastikan jalur tol darat menjadi favorit bagi para pemudik 2019. Apalagi, berdasarkan catatan Jasamarga jumlah kendaraan yang melintas di ruas tol pada musim mudik 2018 silam mencapai 1,4 juta unit. Dipredikasi jumlah tersebut akan meningkat hingga 10-15 persen pada musim mudik 2019.

Jutaan kendaraan yang melintas dalam waktu bersamaan di ruas jalan umum maupun ruas tol potensi menuai bencana bahkan tsunami. Ditambah potensi gangguan yang terlihat secara kasat mata, seperti proyek tol elevated dan kereta api cepat di tol Cikampek. Kemudian kondisi ruas jalan yang sempit dan berliku serta keberadaan pasar tumpah di wilayah jalur selatan, Malambong, Tasikmalaya, Jawa Barat, serta pasar Tanjung, Brebes, Jawa Tengah.

Sayangnya, belum terlihat jelas upaya yang dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan pada musim mudik 2019. Kecuali, salah satu skenario yang akan dilakukan pemerintah dan Polri untuk mengantisipasi kepadatan arus kendaraan adalah penerapan sistem one way (satu arah) pada ruas tol Cikampek hingga Brebes Barat. Rencananya, kebijakan itu diberlakukan pada 30 Mei hingga 2 Juni. Kemudian saat arus balik, sistem one way kembali diberlakukan di ruas tol Palimanan Km 189-Cikarang Utama Km 29 pada 8-10 Juni. Namun, opsi tersebut masih tentatif. Jika di lapangan nanti ada kendala, rencana one way bisa diganti.

Tentu penerapan sistim  one way akan menimbulkan konsekuensi yaitu kemacetan di ruas jalan nasional menuju Jakarta dan sebaliknya. Sistim one way pada musim mudik belum menjadi garansi yang dapat dipastikan sebagai solusi efektif.

Pemerintah juga belum menjelaskan kesiapan infrastruktur dan sarana prasarana di daerah yang akan dilintasi pemudik setelah keluar dari ruas jalan tol. Apakah koordinasi untuk memastikan kesiapan ruas jalan di daerah yang dilalui pemudik, sudah berjalan dengan baik ? Sebab, kemacetan di di ruas jalan pintu keluar tol akan menimbulkan kemacetan hebat sampai ke ruas tol. Seharusnya,  informasi tentang kesiapan daya tampung jalan di daerah yang dilalui pemudik, disampaikan secara meluas agar publik mengetahui.
  
Peristiwa tersumbatnya pintu keluar tol Brebes Timur pada musim mudik 2016 silam menjadi warning bagi semua pihak. Tragedy yang dikenal dengan kasus Brexit itu menelan belasan korban jiwa akibat ketidaksiapan pihak penyelenggara lalu lintas dan angkutan jalan.
Hendaknya, pemerintah dan masyarakat tidak terhipnotis dengan keriuhan pesta demokrasi yang hingga sekarang masih berlangsung. Sehingga kehilangan waktu dan kesempatan untuk mengurai permasalahan urusan mudik. Pesta demokrasi pemilu yang riuh dan meresahkan akibat kegaduhan dipicu mencuatnya dugaan kecurangan, jangan menggerus perhatian terhadap tradisi mudik jelang lebaran Hari Raya Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi.

Mudik yang menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah. Mudik yang Kamseltibcarlantasnya terwujud juga dapat menurunkan suhu politik yang masih mamanas hingga saat ini. O Edison Siahaan/ Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch



Berita Terpopuler
Selasa, 15 Oktober 2019
Berita Lainnya
Sabtu, 17 Agustus 2019
Selasa, 13 Agustus 2019
Rabu, 31 Juli 2019
Senin, 22 Juli 2019
Jumat, 19 Juli 2019
Rabu, 10 Juli 2019
Rabu, 03 Juli 2019
Minggu, 30 Juni 2019
Kamis, 27 Juni 2019
Selasa, 25 Juni 2019
Selasa, 04 Juni 2019
Minggu, 26 Mei 2019