Sabtu, 25 April 2020 13:07:39

Meminta Maaf

Meminta Maaf

Beritabatavia.com - Berita tentang Meminta Maaf

Tangis Lee Man Hee pecah, saat pemimpin sebuah sekte di Korea Selatan itu membungkuk meminta maaf kepada seluruh masyarakat, karena wabah virus ...

Meminta Maaf Ist.
Beritabatavia.com -

Tangis Lee Man Hee pecah, saat pemimpin sebuah sekte di Korea Selatan itu membungkuk meminta maaf kepada seluruh masyarakat, karena wabah virus corona melanda negeri ginseng itu, pada Februari 2020 lalu.

Virus corona atau covid-19 juga merangsak ke hampir seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Covid-19 menjelma menjadi teror meresahkan, menakutkan dan mematikan, nyaris belum ada daya untuk melawannya.

Pandemi corona memporakporandakan tata kehidupan sosial masyarakat. Merubah perilaku dan tradisi serta gaya hidup semua elemen masyarakat. Virus corona atau covid-19 mengguncang dan mengancam keselamatan jiwa. Bahkan merusak tatanan aktivitas beribadah dan menghentikan proses pendidikan belajar formil. Merontokan pertumbuhan ekonomi sebagai dasar untuk menopang kehidupan dan kelanjutan pembangunan.  Virus corona yang tidak dapat dilihat kasat mata, merampas kemerdekaan, merenggut kewenangan, menutup pintu kehidupan seakan menggiring manusia menuju gerbang kepunahan.

Virus corona merasuk hingga ke sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.  Menggerus ketenangan dan kekhusukan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan seperti saat ini.

Wabah virus corona atau covid-19 menjadi catatan kehidupan sosial dan ekonomi terburuk sejak Indonesia merdeka. Gangguan dan ancaman paling dahsyat yang merusak hampir seluruh aktivitas kehidupan dan sosial maupun ekonomi. Peristiwa yang begitu memberikan dampak luar biasa, stress dan trauma sosial. Sehinga membutuhkan waktu dan kemampuan untuk melupakan peristiwa virus corona. Karena wabah virus corona menyisakan bekas sangat menyiksa kehidupan sosial. Menjadi luka yang sulit atau butuh waktu panjang untuk memulihkannya.

Tangis dan permintaan maaf Lee Man-Hee disampaikan karena tidak mampu memberikan perlindungan bagi warganya. Tetapi dia sekaligus menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Korsel yang telah bekerja maksimal menghalau virus corona.

Masyarakat Indonesia juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah yang telah bekerja keras dan terus berupaya memberikan yang terbaik kepada seluruh rakyat Indonesia. Tentu juga tidak serta merta melupakan segala ke alpaan dan keterlambatan serta ketidak siapan pemerintah melindungi warganya dari ancaman virus corona atau covid-19. Kelak masyarakat akan membaca amanat konstitusi bahwa negara membentuk pemerintahan negara untuk melindungi segenap tumpah darah Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia. Lalu membandingkan dengan respon yang lambat dan kurang serius pemerintah saat awal virus corona atau covid-19 merebak di Wuhan,China.

Seperti para ilmuwan yang melakukan penelitian untuk menjelaskan peristiwa yang sesungguhnya terjadi saat perang dunia kedua terjadi lima tahun sebelumnya.  Meski fakta dan data tentang kekejaman Nazi di Jerman pada saat perang dunia ke dua sudah diakui keabsahannya dan menjadi pengetahuan publik. Tetapi proses penyembuhan dan pemulihan trauma sosial akibat kekejaman itu, memerlukan upaya dan waktu yang tidak sebentar.

Virus corona memberikan dampak berskala besar dan luas terhadap sendi-sendi kehidupan. Bukan hanya karena 689 jiwa (catatan 24 April 2020) melayang akibat virus covid-19. Tetapi dampak kecemasan dan ketakutan yang mendalam, potensi menjadi trauma sosial. Kelak, virus corona menjadi ibu dari semua perenungan atas kenangan pahit masa lalu bangsa.

Virus corona menjadi ingatan sosial atas kesalahan dan kekeliruan tindakan sebelumnya yang potensi akan menghasilkan trauma sosial. Kemudian prosesnya akan berdampak pada mentalitas kultural suatu bangsa, yang potensi terjadi krisis identitas.

Tidak berlebihan apabila trauma atau potensi buruk lainnya yang akan dialami kemudian menjadi tanggungjawab pihak imperatif saat peristiwa itu terjadi, seperti yang dilakukan Lee Man Hee di Korsel. Serta ucapan dari kami, selamat menunaikan ibadah puasa dan mohon maaf lahir batin. O Edison Siahaan

 

Berita Terpopuler
Kamis, 13 Agustus 2020
Berita Lainnya
Selasa, 26 Mei 2020
Sabtu, 23 Mei 2020
Rabu, 20 Mei 2020
Kamis, 14 Mei 2020
Senin, 04 Mei 2020
Senin, 27 April 2020
Sabtu, 25 April 2020
Sabtu, 18 April 2020
Rabu, 15 April 2020
Jumat, 10 April 2020
Senin, 06 April 2020
Sabtu, 04 April 2020