Senin, 25 Oktober 2021 13:17:26

Bukan Hanya Atas Perintah

Bukan Hanya Atas Perintah

Beritabatavia.com - Berita tentang Bukan Hanya Atas Perintah

Publik  menyoroti kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, terkait kondisi politik, keamanan hingga penegakkan hukum. Hasil berbagai survey ...

Bukan Hanya Atas Perintah  Ist.
Beritabatavia.com -

Publik  menyoroti kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, terkait kondisi politik, keamanan hingga penegakkan hukum. Hasil berbagai survey menyebutkan, sebagian puas dengan kinerja pemerintahan. Tapi tak sedikit juga yang memberi catatan merah kinerja pemerintahan khususnya dibidang politik dan penegakan hukum. Apakah nilai merah dalam penegakan hukum dampak kinerja Polri yang bergerak cepat jika viral di media sosial atau yang mendapat atensi dari pihak berpengaruh ?

Seperti berita di sejumlah media massa menyebut, Polri berhasil mengungkap 13 kasus pinjaman online (Pinjol) illegal dan menangkap 57 tersangkanya, sesuai instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Berbeda ketika permintaan Menteri Perhubungan melalui surat bernomor UM.302/1/21/phb/2015 kepada Kapolri pada 9 Nopember 2015 silam. Saat itu Menhub meminta Kapolri menindak tegas segala bentuk pelanggaran terhadap UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan yang semakin marak. Sayangnya, hingga saat ini surat Menhub itu tidak direspon. Justru pelanggaran semakin tidak terkendali, disusul maraknya kendaraan bermotor illegal tetapi bebas beroperasi sebagai angkutan umum tanpa dilengkapi persyaratan yang diatur dalam peraturan.

Pertanyaannya, apakah Polri melaksanakan tugas dan wewenangnya harus lebih dulu mendapat instruksi presiden atau Kapolri ?  Lalu mengapa pula kalau ada masyarakat yang meminta presiden agar bertindak direct yang efektif atas proses penegakan hukum yang dinilai semena-mena. Tetapi kemudian disikapi dengan pernyataan, apakah Presiden harus mengurusi semua proses penegakan hukum ?

Memang, UU nomor 2 tahun 2002 tentang Polri menyebutkan Kapolri diangkat dan diberhentikan oleh Presiden dengan persetujuan DPR RI. Institusi Polri yang dipimpin Kapolri berada di bawah Presiden dan dalam pelaksanaan tugasnya bertanggungjawab kepada Presiden.

Tetapi Polri yang menjadi salah satu fungsi pemerintahan Negara bertujuan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas)  di dalam negeri, bukan semata bertindak hanya berdasarkan instruksi Presiden. Polri dalam memastikan tertib dan tegaknya hukum, terselenggaranya perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat berlandaskan aturan dan ketentuan yang berlaku. Begitu juga dalam melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap semua tindak pidana, seluruh prosesnya harus sesuai dengan hukum acara pidana dan peraturan perundang-undangan lainnya dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Sekali lagi, pejabat Polri menjalankan tugas dan wewenangnya di seluruh wilayah negara Republik Indonesia hanya berdasarkan peraturan perundang-undangan. Bahkan untuk kepentingan umum, pejabat kepolisian dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya dapat bertindak menurut penilaiannya sendiri. Kewenangan tersebut melekat bagi setiap anggota Polri dan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab sesuai ketentuan dan norma-norma yang hidup ditengah masyarakat.

Lembaga kepolisian adalah tempat berkumpul orang-orang baik yang dibekali keahlian dan kompetensi dalam menjaga kehidupan dan memelihara Kamtibmas.Polri akan mendapat trust public apabila selalu bertindak profesional, transparan dalam menjalankan tugas dan wewenangnya. Polri bergerak dan melakukan tindakan terhadap semua bentuk pelanggaran hukum dan semua potensi-potensi yang mengganggu Kamtibmas dengan menjalankan semua  proses sesuai aturan dan ketentuan yang diatur dalam KUHAP.  
Polri hanya tunduk dan taat pada aturan yang berlaku serta memastikan tidak dalam pengaruh kekuasaan atau pihak-pihak lain yang berupaya melakukan intervensi.Idealnya dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Polri tidak kemana-mana tetapi harus ada dimana-mana. O Edison Siahaan

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 07 Januari 2021
Sabtu, 02 Januari 2021
Rabu, 23 Desember 2020
Kamis, 19 November 2020
Senin, 16 November 2020
Kamis, 12 November 2020
Minggu, 13 September 2020
Senin, 17 Agustus 2020
Kamis, 13 Agustus 2020
Jumat, 31 Juli 2020
Senin, 27 Juli 2020
Minggu, 26 Juli 2020