Kamis, 30 Juni 2022 18:19:48

Polisi Penjaga Kehidupan

Polisi Penjaga Kehidupan

Beritabatavia.com - Berita tentang Polisi Penjaga Kehidupan

Pasca pemisahan Polri dari ABRI kini TNI. Polri didesain menjadi lembaga berseragam dan bersenjata tetapi berwatak sipil yang harus melindungi, ...

Polisi Penjaga Kehidupan Ist.
Beritabatavia.com -

Pasca pemisahan Polri dari ABRI kini TNI. Polri didesain menjadi lembaga berseragam dan bersenjata tetapi berwatak sipil yang harus melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat.Selain berfungsi untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Polri juga sebagai aparat penegak hukum. 

Memiliki kewenangan besar dari mulai pengawasan,pelarangan,pemanggilan,pemeriksaan hingga upaya paksa untuk penahanan saat menjalankan penegakan hukum. Sehingga  polisi merupakan profesi yang memerlukan kemampuan dan keahlian khusus yang tentu diperoleh dari pendidikan khusus atau sekolah-sekolah kepolisian. 

Lalu kekhususan dan wewenang yang besar itu dimplementasikan melalui sistem manajerial dan operasional serta pengawasan yang ketat. Polri juga terus berupaya melakukan transformasi menjadi lembaga yang prediktif, responsibilitas dan transparan berkeadilan atau Polri Presisi. 

Ditengah proses itu, Polri juga berupaya mensosialisasikan tiga perubahan mendasar yaitu bidang instrumental, bidang struktural dan bidang kultural. Sayangnya,20 tahun berjalan,perubahan itu belum maksimal dan merata. Bahkan belum bisa dipastikan kapan transformasi perubahan itu sampai secara merata ke semua level insan Bhayangkara.

Semua tahu, polisi adalah aparat penegak hukum. Tetapi lebih dari itu, polisi adalah penjaga kehidupan masyarakat demokratis yang harus profesional, cerdas, tegas namun humanis sebagai potret dari Polri Presisi. Polri yang bisa memastikan masyarakat tidak terganggu saat melakukan aktivitas dan produktivitasnya.

Ekspektasi publik ingin agar Polri tetap menjadi tempat kumpulan orang-orang baik. Polri adalah sang penjaga kehidupan yang memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat saat beraktifitas dan produktifitas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Publik juga selalu ingin memiliki Polisi yang berintegritas, profesional saat menjalankan tugas dan wewenangnya sebagai aparat penegak hukum yang memberikan rasa keadilan.

Publik juga berharap, polisi tidak melakukan penegakan hukum secara diskriminatif. Tetapi polisi yang menilai, bersikap dan bertindak sama dalam melakukan upaya-upaya pencegahan setiap potensi gangguan Kamtibmas. Publik juga ingin agar Polri tetap memberikan kesempatan yang sama dalam pelayanan, perlindungan serta pengayoman kepada masyarakat.

Polri diminta tidak menjadikan kondisi yang serba terbatas ditengah tugas dan tanggungjawab semakin berat, sebagai kendala dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.Tetapi tetap menjadi polisi yang selalu bertindak adil dan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan.

Polri dituntut mampu membangun kemitraan dengan masyarakat serta koordinasi yang bersinergi dengan institusi terkait. Serta mampu mengatasi segala keterbatasan ditengah potensi gangguan Kamtibmas yang semakin kompleks. Berupaya memaksimalkan kinerja anggota Polri yang jumlahnya mencapai 470.391 personil pada 2019 dan dukungan anggaran yang terus menanjak. Misalnya pada 2019 Polri menerima anggaran sebesar Rp 94,3 triliun dan 2020 naik menjadi Rp 104,7 triliun lalu 2021 naik menjadi Rp112,7 triliun.

1 Juli 2022 Polri memasuki usia ke-76. Publik menyarankan agar reward and  funishment hendaknya didasari dengan penilaian objektif agar menjadi motivasi dan edukasi yang efektif untuk meningkatkan kinerja seluruh personil Polri. Memberikan apresiasi, tentu bukan semata berdasarkan penilaian jumlah tahanan atau   penyelesaian perkara yang dilaporkan. Tetapi justru layak mendapat apresiasi apabila jumlah perkara dan penghuni sel rumah tahanan sedikit,tetapi Kamtibmas kondusif karena kesadaran hukum masyarakat sudah baik.

HUT Bhayangkara ke -76, hendaknya dijadikan momentum untuk terus meningkatkan kualitas hubungan polri dengan masyarakat hingga menjadi sahabat dalam upaya memelihara Kamtibmas. Kamtibmas yang kondusif adalah dukungan terbaik Polri dalam upaya melakukan pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia tangguh-Indonesia tumbuh. Dirgahayu Polri. 0 Edison Siahaan

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Jumat, 28 Mei 2021
Selasa, 27 April 2021
Selasa, 16 Maret 2021
Senin, 15 Februari 2021
Selasa, 09 Februari 2021
Selasa, 02 Februari 2021
Kamis, 14 Januari 2021
Kamis, 07 Januari 2021
Sabtu, 02 Januari 2021
Rabu, 23 Desember 2020
Kamis, 19 November 2020
Senin, 16 November 2020