Senin, 20 November 2023 14:01:56

Andai Firli & Harun Jadi si Anu  

Andai Firli & Harun Jadi si Anu  

Beritabatavia.com - Berita tentang Andai Firli & Harun Jadi si Anu  

Meski prosesnya berliku dan penuh siasat. Tetapi Polisi memastikan kasus dugaan pemerasan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang ...

Andai Firli & Harun Jadi si Anu   Ist.
Beritabatavia.com - Meski prosesnya berliku dan penuh siasat. Tetapi Polisi memastikan kasus dugaan pemerasan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang diduga melibatkan ketua Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK)Firli Bahuri,masih terus bergulir.

Sedang melaksanakan tugas sebagai ketua KPK salah satu alasan Firli Bahuri mangkir dari pemeriksaan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus   (Ditkrimsus) Polda Metro Jaya. Sementara berbagai pihak menilai, pengumuman penanda tanganan penangkapan Harun Masiku mantan politisi PDI Perjuangan yang buron selama bertahun-tahun, adalah pesan beraroma bergaining agar mendapat bantuan dari pihak tertentu.

Sempat mangkir dua kali, Firli Bahuri kembali menjalani pemeriksaan tambahan sebagai saksi di Bareskrim Polri, pada Kamis 16 Nopember 2023. 

Sayangnya, usai pemeriksaan Firli yang mengenakan batik warna coklat dengan masker berupaya menghindar dari awak media.Firli langsung kabur dan masuk ke dalam mobil Hyundai warna hitam B 1917 TJQ. Di dalam mobil, Firli sembunyi di jok belakang sambil bersandar setengah telentang seraya menutup wajahnya dengan tangan dan tas warna hitam.

Sontak mengundang respon buruk dari publik. Firli dituding cemen, pengecut dan memalukan. Semestinya sebagai ketua KPK, Firli harus tegak berdiri memberikan penjelasan kepada publik. Bukan justru mempertontonkan perilaku yang sungguh sangat memalukan, sehingga tidak lagi layak untuk memimpin KPK.Beberapa pihak mengaku malu memiliki ketua KPK seperti Firli yang tidak berani memberikan penjelasan usai diperiksa penyidik.

Firli Bahuri sosok purnawirawan Jenderal bintang tiga (Komjen) polisi pun didesak mundur dari KPK agar fokus menjalani proses pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Akan lebih buruk, bila penetapan status tersangka, Firli masih tetap menjabat sebagai ketua KPK. Sehingga sosok Firli akan menggerus kepercayaan publik terhadap KPK.

Pasca peristiwa memalukan tersebut, Firli Bahuri pada Senin 20 Nopember 2023  memenuhi panggilan Dewas KPK yang juga pernah mangkir. Sebelumnya Firli Bahuri juga memberikan keterangan terkait peristiwa dan proses hukum yang sedang berjalan serta tuduhan buruk terhadap dirinya. Firli membantah semua tuduhan dan menuding upaya hukum yang menjeratnya adalah bentuk perlawanan dari para koruptor.

Karir Firli Bahuri di KPK diwarnai sejumlah kasus yang mendapat sorotan publik. 
Berdasarkan catatan, pada April 2023 Firli didlaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait bocornya dokumen penyelidikan kasus dugaan korupsi tukin atau tunjangan kinerja di kementerian ESDM. Pada waktu yang sama Firli juga dilaporkan terkait pemecatan Direktur penyidikan KPK Brigjen Endar Priantoro.

Sebelumnya, Maret 2023 Firli Bahuri dilaporkan ke Dewas atas penghargaan penciptaan lagu himne dan mars KPK. Kemudian Mei 2021 Firli juga dilaporkan ke Dewas terkait pemecatan 75 pegawai KPK yang tidak memenuhi persyaratan TWK.

Laporan lainnya terjadi pada Juni 2020 tersangkut dugaan gaya hidup hedon Firli yang menggunakan helikopter mewah saat mudik. Firli juga dilaporkan ke Dewas lantaran menggunakan SMS Blast KPK untuk kepentingan pribadi. Pada Oktober 2020, Firli juga dilaporkan atas dugaan pelanggaran dalam penanganan perkara OTT UNJ. Hingga sewa rumah mewah di jalan Kartanegara yang melibatkan seorang pengusaha bernama Alex Tirta. 

Sementara publik terus ber andai-andai, apabila kasus ini melibatkan sosok bernama si Anu, akan cepat ditetapkan sebagai tersangka dan ditangkap kemudian dijebloskan ke sel tahanan. Si Anu tidak akan sempat mangkir saat dipanggil penyidik untuk dimintai keterangan. Bahkan penyidik tidak perlu harus lebih dulu memeriksa hingga seratus saksi maupun menggeledah rumah si Anu dan menyita sejumlah dokumen. 

Semestinya penyidik Polda Metro Jaya segera menetapkan status kasus pemerasan terhadap SYL yang diduga melibatkan Firli Bahuri. Agar tidak memicu kegaduhan tetapi dapat memberikan kepastian dan kemanfaatan serta keadilan dan menjaga trust publik terhadap penegakan hukum.0 Edison Siahaan
 

Berita Terpopuler
Selasa, 16 Juli 2024
Berita Lainnya
Senin, 27 Februari 2023
Minggu, 26 Februari 2023
Jumat, 03 Februari 2023
Kamis, 26 Januari 2023
Kamis, 29 Desember 2022
Sabtu, 19 November 2022
Rabu, 09 November 2022
Sabtu, 22 Oktober 2022
Minggu, 02 Oktober 2022
Minggu, 02 Oktober 2022
Selasa, 20 September 2022
Senin, 12 September 2022