Kamis, 13 Juni 2024 18:38:20

Mencari Hukum Yang Adil & Bermanfaat

Mencari Hukum Yang Adil & Bermanfaat

Beritabatavia.com - Berita tentang Mencari Hukum Yang Adil & Bermanfaat

Beberapa saat sebelum bus tiba di sebuah rumah makan di pusat kota Roma,Italia,sudah diingatkan hati-hati banyak copet. Turun dari bus dan ...

Mencari Hukum Yang Adil & Bermanfaat Ist.
Beritabatavia.com - Beberapa saat sebelum bus tiba di sebuah rumah makan di pusat kota Roma,Italia,sudah diingatkan hati-hati banyak copet. Turun dari bus dan melangkah menuju rumah makan, tiba-tiba seorang teman wanita berteriak copet..copet. Dompet miliknya sudah berpindah tangan. Sesaat kami tegang, bingung tidak tahu harus berbuat apa.Sementara orang-orang disekitar disusul suara sirene mobil kepolisian bertuliskan Polizia bergerak cepat mengejar seseorang.

Sesaat kemudian, seorang Polisi mendekati kami dan menanyakan siapa pemilik dompet yang dipegangnya. Kemudian menyerahkannya kepada teman wanita yang sebelumnya berteriak copet-copet. Isi dompet tidak ada yang berkurang,sang Polisi balik kanan seraya meminta kami tetap waspada.

Hanya itu saja, wanita pemilik dompet tidak dibawa ke kantor polisi terdekat untuk dimintai keterangan. Kami juga tidak dimintai keterangan sebagai saksi. Bahkan korban tidak perlu tahu apakah pelaku ditangkap dan diproses sesuai hukum yang berlaku.     
 
Sungguh, Polisi Italia melakukan sebuah proses penegakan hukum yang memberikan keadilan dan kemanfaatan bagi warga yang menjadi korban kejahatan. Sekaligus upaya untuk melindungi setiap orang dan harta bendanya. Prosesnya cepat dan tidak harus selalu diawali dengan kelengkapan administrasi.

Jika dibandingkan dengan proses hukum di negeri ini, agak sulit untuk menempatkan posisi diurutan keberapa. Sebab proses hukum yang dialami
sebagian masyarakat pencari keadilan masih diwarnai ketidak adilan.
Secara kasat mata dapat dilihat berbagai peristiwa yang terjadi tentang proses hukum, tidak jelas arahnya.Kurang memberikan rasa keadilan dan manfaat bagi masyarakat yang sedang menjalani sebuah proses hukum. Terkadang bukan hanya waktu, tenaga, dan materi yang terkuras saat berurusan dengan proses hukum, nyawa juga bisa jadi taruhan.

Sebagian masyarakat menyebut, kemungkinan peristiwa pengeroyokan di Sukolilo, Pati, Jawa Tengah pada Jumat 7 Juni 2024 lalu tidak terjadi.  Jika kasus kehilangan mobil yang dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Timur pada Februari 2024 mendapat respon yang cepat dan komunikasi antara pelapor dengan Polisi berjalan baik. 
Faktanya, Burhanis sebagai pelapor tewas dan tiga rekannya menderita luka parah akibat dikeroyok massa saat akan mengambil mobil yang dibawa kabur oleh penyewanya. Padahal dalam laporan kehilangan mobil pada Februari 2024, ke Polres Metro Jakarta Timur, telah menyebut identitas pelaku serta ciri-ciri kendaraan.

Dampak lain dari kasus tersebut, sejumlah warga ditetapkan sebagai tersangka pengeroyokan.Padahal mereka tidak terlibat dalam kasus pencurian kendaraan bermotor yang dilaporkan Burhanis.

Kemudian, proses hukum juga dapat mengurangi kerugian yang dialami korban penipuan dan penggelapan, apabila apabila  pelaku kejahatan yang dilaporkan segera diamankan dan diminta untuk mengembalikan hasil kejahatan. 
Sayangnya, proses hukum selalu melambat lantaran upaya harus diawali dengan memintai keterangan sejumlah saksi. Sehingga pelakunya sempat melarikan diri dan menghabiskan hasil kejahatannya. Barulah kemudian dilakukan penyelidikan dan penyidikan lalu menangkap pelaku dan memasukannya ke penjara. Sehingga proses hukum yang dilakukan bertujuan hanya untuk memasukkan pelaku ke penjara, tanpa berupaya untuk melindungi dan menyelamatkan kerugian korban.

Memenjarakan bukan tujuan penegakan hukum. Tetapi mengedukasi masyarakat agar taat hukum. Oleh karena itu, aparat penegak hukum harus cepat merespon sesuatu yang terjadi di tengah masyarakat. Misalnya isu korupsi atau penyalahgunaan kewenangan maupun tindakan melanggar hukum lainnya yang menjadi perbincangan publik. Bahkan perilaku buruk yang sedang dibincangkan itu telah memicu kagaduhan dan menimbulkan polarisasi di kalangan masyarakat.

Semestinya aparat segera berusaha mendapatkan informasi untuk mengetahui apa yang sedang terjadi. Kemudian  melakukan tindakan pencegahan agar isu tidak merebak menjadi fitnah atau pencemaran nama baik. 

Faktanya, kerap terjadi seseorang yang ikut terlibat pembicaraan terkait seseorang yang diduga melakukan perbuatan melanggar hukum,dilaporkan atas tuduhan melakukan fitnah dan pencemaran nama baik. Anehnya, petugas bergerak cepat melakukan proses hukum bahkan menahan terlapor.Sementara 
pihak yang disebut-sebut sebagai pelaku kejahatan tidak diproses hukum atau dimintai keterangan ihwal kebenaran tuduhan tersebut. 

Padahal , penegakan hukum adalah upaya untuk melindungi keselamatan jiwa  dan harta benda setiap warga. Serta upaya untuk memberikan rasa keadilan serta manfaat sekaligus untuk meningkatkan Kamtibmas dan kepastian hukum dalam masyarakat. Penegakan hukum juga untuk mewujudkan ide dan konsep hukum yang diharapkan rakyat. 

Maka setiap aparat penegak hukum harus memiliki integritas dan kompetensi dalam melaksanakan proses penegakan hukum yang merupakan tanggungjawabnya.
Seperti amanat konstitusi bahwa tugas pokok dan fungsi Polri memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dan melayani, melindungi serta mengayomi masyarakat. Polri dan seluruh aparat penegak hukum harus berupaya agar masyarakat memperoleh manfaat dan rasa keadilan saat menjalani proses hukum. 0 Edison Siahaan
 

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Minggu, 26 Februari 2023
Jumat, 03 Februari 2023
Kamis, 26 Januari 2023
Kamis, 29 Desember 2022
Sabtu, 19 November 2022
Rabu, 09 November 2022
Sabtu, 22 Oktober 2022
Minggu, 02 Oktober 2022
Minggu, 02 Oktober 2022
Selasa, 20 September 2022
Senin, 12 September 2022
Kamis, 01 September 2022