Minggu, 07 Agustus 2011 10:11:33

Sri Kembali

Sri Kembali

Beritabatavia.com - Berita tentang Sri Kembali

MUNDUR , dalam makna politik sering diartikan sebuah kekalahan. Dalam ruang makna inilah kemudian kata mundur menjadi sesuatu yang tabuh bahkan aib ...

Sri Kembali Ist.
Beritabatavia.com - MUNDUR , dalam makna politik sering diartikan sebuah kekalahan. Dalam ruang makna inilah kemudian kata mundur menjadi sesuatu yang tabuh bahkan aib bagi mereka yang memiliki jabatan penting (politik) di republik ini.

Seperti Sri Mulyani mundur dari anggota Kabinet  Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II sebagai Menteri Keuangan pada Mei 2010 lalu. Meskipun dalam waktu yang  juga hampir bersamaan Sri Mulyani ditunjuk menjadi Managing Director Bank Dunia.
Ia mundur saat  perhatian hampir seluruh rakyat negeri ini terpusat padanya. Karena, Sri bersama Wapres Boediono tersangkut  kasus bail out Bank Century. Pansus DPR RI menilai  ada pelanggaran terhadap ketentuan dalam penetapan kebijakan bailout Bank Century.
Kendati, ketika itu banyak pihak yang menilai mundurnya Sri merupakan sebuah kerugian. Karena,  kualitasnya sebagai seorang menteri yang sukses dan mendapat nilai bagus. Bahkan, Sri kerap terlihat berbeda, karena kinerja dan reputasi serta kemampuannya yang tinggi.

Sri adalah sebutan untuk memuliakan seseorang.  Gelar kehormatan yang berarti mulia. Mungkin ini doa yang dipanjatkan orang tua Sri Mulyani Indrawati tatkala memberikan nama pada putri kelahiran Lampung ini. Sri diharapkan sebagaimana Dewi Sri atau Nyai Pohaci Sanghyang Asri, dewi kesuburan dalam mitologi kita?

Kini, Sri kembali mewarnai dinamika politik di negeri ini. Mengagetkan, Sri dijagokan sebagai calon Presiden priode 2014- 2019. Pencalonan Sri ditandai dengan didaftarkannya Partai Politik (Parpol) Serikat Rakyat Independen (SRI) ke Kemenkumham pada Rabu 3 Agustus lalu.

Secara tegas pimpinan Parpol SRI mengatakan, sudah siap untuk ikut bertarung pada Pemilu mendatang. Bahkan, Parpol SRI menjagokan dan mengusung Sri Mulyani Indrawati untuk berlaga pada Pilpres 2014 mendatang.
Kembalinya Sri membuktikan bahwa mundur bukanlah akhir dari sebuah babak, justru menjadi awal untuk menuju ujung.  Karena langkah mundur Sri mendatangkan  sebuah kekuatan baru yang membawanya untuk dijagokan pada ajang Pilpres mendatang.

Walaupun langkah dan sikap Sri bukanlah untuk menghadapi perang. Tetapi, merupakan upayanya untuk ikut mengisi jalannya sebuah demokrasi.  Sebuah proses untuk saling merujukkan perbedaan. Tempat negosiasi dalam kesetaraan.

Mundur bagi Sri bukan merupakan jalan buntu. Tetapi, strategi untuk menguatkan langkah selanjutnya. Apalagi Sri sangat memahami bahwa proses Pilpres bukanlah ajang saling menghunus. Bukan pula masalah menang atau kalah. Soal benar atau salah atas apa yang pernah dituduhkan padanya biarlah diserahkan pada hukum. Kita, semua warga negeri ini akan menjadi saksi atas proses demokrasi yang sedang berlangsung.0 Edison Siahaan

 

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 04 Juni 2020
Kamis, 28 Mei 2020
Selasa, 26 Mei 2020
Sabtu, 23 Mei 2020
Rabu, 20 Mei 2020
Kamis, 14 Mei 2020
Senin, 04 Mei 2020
Senin, 27 April 2020
Sabtu, 25 April 2020
Sabtu, 18 April 2020
Rabu, 15 April 2020
Jumat, 10 April 2020