Rabu, 16 November 2011 17:52:09

Pahlawan

Pahlawan

Beritabatavia.com - Berita tentang Pahlawan

SETIAP bangsa dan negara pasti membutuhkan sosok pahlawan. Karena seorang pahlawan adalah pribadi yang bersedia berkorban bahkan mati demi negara. ...

Pahlawan Ist.
Beritabatavia.com - SETIAP bangsa dan negara pasti membutuhkan sosok pahlawan. Karena seorang pahlawan adalah pribadi yang bersedia berkorban bahkan mati demi negara. Dan biasanya, penghargaan sebagai pahlawan diberikan, setelah orang tersebut tiada.

Belakangan, atau pada generasi sekarang, kita kesulitan mencari sosok mencari sosok pahlawan. Sementara kita membutuhkan tokoh yang bisa memberikan contoh tauladan dalam kehidupan saat ini. Kita kesulitan mencari sosok pejuang dalam menghadapi tantangan di era globalisasi serta sekaligus untuk mempererat kebersamaan sebagai sebuah bangsa dalam bingkai negara kesatuan republik Indonesia (NKRI).
Kita rindu kehadiran sosok  pahlawan- yang rela mengabdikan hidupnya untuk profesinya. Kita butuh sosok pahlawan yang mendahulukan kepentingan yang lebih besar daripada kepentingannya sendiri.

Pada zaman dimana tekhnologi dan informasi menjadi acuan, kita membutuhkan pahlawan  yang mampu memberikan motivasi dan dapat menginpirasi banyak orang untuk mau bekerja keras demi bangsanya. Tetapi jangan pula mengkultuskannya.
Ditengah, orientasi masyarakat yang lebih mementingkan diri sendiri, kita sangat membutuhkan sosok dan perilaku yang bisa  memberikan contoh agar keadaan kembali normal. Kita tidak butuh sosok yang hanya menepuk dadanya sendiri, tetapi tidak mampu menghasilkan karya besar.

Karena, orientasi pada pencitraan diri, kerap menjadikan orang lupa akan fungsi dan tanggungjawabnya. Sosok yang hanya ingin terlihat lebih menonjol, akan melahirkan perilaku-perilaku yang lebih mengutamakan citra daripada karya.

Kita sebagai bangsa harus pula memiliki rasa bangga dan semangat nasionalisme. Sekaligus mampu juga memberikan penghargaan bagi orang yang telah bekerja untuk masyarakat dan berprestasi di bidangnya.

Karena tidak jarang, kita lupa bahkan tidak peduli pada sosok pahlawan yang bekerja dan mengabdi sesuai dengan bidangnya. Padahal, mereka sudah bekerja untuk kepentingan masyarakat yang lebih besar. Tetapi, justru bangsa lain yang memberikan penghargaan kepada mereka.

Sebut saja Tri Mumpuni dan Hasanain Juaini yang mendapat penghargaan sebagai pahlawan dari Pemerintah Filipina.  Tri Mumpuni dianggap berjasa untuk menerangi rakyat di perdesaan melalui pembangkit listrik mikrohidro yang dikembangkannya.  Sementara Hasanain menerangi masyarakat di Lombok Barat dengan pendidikan pesantren yang mencerahkan.

Dalam bekerja mereka diam, tidak mencari panggung, namun karyanya dapat dirasakan dan bermanfaat bagi orang banyak. Sayangnya, kita juga ikut diam dan tak peduli terhadap orang-orang seperti Tri Mumpuni dan Hasanain.

Kita sebagai bangsa khususnya para pemimpin harus mendorong dan memberikan peluang yang lebih, agar pahlawan-pahlawan yang mau bekerja demi bangsa dan negaranya terus tumbuh.  Kita harus bangga dan memberi pengakuan kepada putra-putri bangsa yang bisa lebih hebat dari kita. 0 edison siahaan

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 04 Juni 2020
Kamis, 28 Mei 2020
Selasa, 26 Mei 2020
Sabtu, 23 Mei 2020
Rabu, 20 Mei 2020
Kamis, 14 Mei 2020
Senin, 04 Mei 2020
Senin, 27 April 2020
Sabtu, 25 April 2020
Sabtu, 18 April 2020
Rabu, 15 April 2020
Jumat, 10 April 2020