Selasa, 17 Januari 2012 11:22:57

Lain Dimulut Beda di Hati

Lain Dimulut Beda di Hati

Beritabatavia.com - Berita tentang Lain Dimulut Beda di Hati

Judul diatas sangat tepat ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Pernyataan Gubernur, bahwa Pemprov DKI akan melakukan moratorium untuk ...

Lain Dimulut Beda di Hati Ist.
Beritabatavia.com - Judul diatas sangat tepat ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Pernyataan Gubernur, bahwa Pemprov DKI akan melakukan moratorium untuk pembangunan mall di Jakarta pada 2011 lalu, ternyata hanya dibibir saja.

Faktanya, pernyataan itu tak membuat para pengembang menunda mendirikan gedung-gedung pencakar langit di ibukota Jakarta. Bahkan, hingga akhir tahun 2012 sekitar 21 mall akan dibangun di ibukota Jakarta.Itulah sebabnya, pernyataan Pemprov DKI dituding hanya hanya dibibir, sekaligus bukti bahwa Pemprov DKI telah melakukan pembohongan publik.

Tak dapat dipungkiri, kebijakan pemberian izin oleh Pemprov DKI akan menjadi beban warga Jakarta. Karena, maraknya mall di Jakarta akan menimbulkan masalah lingkungan, dan perkotaan semakin rumit.

Padahal, berbagai kalangan dan pakar, sebelumnya sudah mengingatkan, keberadaan mall sangat merugikan warga ibukota. Di samping jadi salah satu biang kemacetan, mall dinilai cenderung tidak memperhatikan kondisi lingkungan. Karena mengurangi ruang terbuka hijau (RTH) dan penyedotan air tanah yang berlebihan.

Tentu, berlanjutnya pembangunan mall di Jakarta tidak terlepas dari upaya tarik menarik kepentingan yang saling membutuhkan antara pengembang dengan Pemprov DKI. Sehingga, pembangunan mall kerap tidak memperhatikan lingkungan sekitar, apalagi melalui pertimbangan mendalam.

Diduga keluarnya izin hanya demi keuntungan semata bagi Pemprov DKI dan pengembang. Dasar itulah, pemberian izin sarat dengan praktik yang cenderung tidak transparan kepada masyarakat. Anehnya, Pemprov DKI sudah tidak peduli dengan tudingan masyarakat adanya ‘permainan’.

Pengamat perkotaan Nirwono Yoga mengatakan, selain mempertanyakan keberpihakan Pemprov DKI terhadap kepentingan masyarakat. Langkah Pemprov DKI itu juga memberikan peluang kepada masyarakat untuk melakukan gugatan class action.0 Edison Siahaan

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Selasa, 23 Juni 2020
Senin, 15 Juni 2020
Selasa, 09 Juni 2020
Kamis, 04 Juni 2020
Kamis, 28 Mei 2020
Selasa, 26 Mei 2020
Sabtu, 23 Mei 2020
Rabu, 20 Mei 2020
Kamis, 14 Mei 2020
Senin, 04 Mei 2020
Senin, 27 April 2020
Sabtu, 25 April 2020