Selasa, 02 Juli 2024 10:01:30

Asa & Tanya Pasca HUT ke-78 Polri 

Asa & Tanya Pasca HUT ke-78 Polri 

Beritabatavia.com - Berita tentang Asa & Tanya Pasca HUT ke-78 Polri 

Panggung megah, meriah, memicu animo masyarakat untuk ikut. Itulah kesan pertama saat berada di lapangan Monas, Jakarta pada 1 Juli 2024.

Asa & Tanya Pasca HUT ke-78 Polri  Ist.
Beritabatavia.com - Panggung megah, meriah, memicu animo masyarakat untuk ikut. Itulah kesan pertama saat berada di lapangan Monas, Jakarta pada 1 Juli 2024.
Puluhan ribu warga ikut merayakan puncak HUT Bhayangkara ke- 78 di lapangan Monas.  Warga dan  petinggi Polri serta undangan joget bersama di Pesta Rakyat yang digelar hingga Pukul 22.00 WIB. Selain meriah dengan panggung yang wahh, tema yang diusung Polri pada HUT Bhanyangkara ke-78 juga mendapat respon beragam dari berbagai pihak sekaligus menuai pertanyaan.  

Sebelum pelaksanaan puncak perayaan HUT Bhayangkara ke- 78 , Polri telah disibukkan berbagai kegiatan, bakti sosial dan penyaluran bantuan sosial. Kemeriahan diwarnai pemberian hadiah bagi pemenang pada sejumlah perlombaan yang digelar di tingkat Polres, Polda hingga Mabes Polri. 

Jelang puncak perayaan HUT Bhayangkara ke-78,Polri juga disuguhi ucapan Selamat HUT ke- 78. Dari mulai Kyai, Uskup, Tokoh Masyarakat dan para pejabat negara hingga warga yang mengaku korban kriminalisasi Polri.
Beredar di medsos ucapan Dirgahayu Polri 2024 dari kelompok persaudaraan mantan tahanan Indonesia atau Permata. Ucapan dengan tulisan berwarna merah beraroma horror dipenuhi foto sejumlah orang dan foto Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Kemudian dibagian bawah tertulis terima kasih atas kriminalisasi terhadap masyarakat Indonesia, Selamat.

HUT Bhayangkara ke -78 mengusung tema ‘Polri Presisi Mendukung Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas’. Selain ucapan selamat dan harapan juga menuai respon beragam. 
Seperti Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar, mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-78. Berharap semoga dunia kepolisian kita di masa depan semakin proaktif dan lebih profesional di dalam mengemban tugas-tugasnya. 

Nasaruddin juga mengajak semua pihak sukseskan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan untuk Indonesia Emas. 

Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo berharap Polri bisa mewujudkan semboyan yang di usung pada HUT Bhayangkara tahun ini.

"Semoga keluarga besar Polri terus berusaha mencari jalan-jalan baru untuk mewujudkan semboyan yang sangat bagus ini semoga dengan demikian keluarga besar Polri dikenal oleh masyarakat sebagai lembaga yang sungguh-sungguh mengayomi, melindungi dan melayani masyarakat," kata Suharyo dalam keterangan, Jumat (28/6/2024).

Menteri Perhubungan Budi Karya berharap  Polri tetap menjadi penegak hukum yang dicintai rakyat.

Sedangkan Mendagri Tito Karnavian yang juga mantan Kapolri mengucapkan Selamat HUT Bhayangkara ke-78.  Polri Presisi mendukung percepatan transformasi ekonomi menuju Indonesia emas.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto  berharap semoga Polri terus memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat.

"Saya Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal TNI Agus Subiyanto serta keluarga besar TNI mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-78 Bhayangkara. Semoga Polri terus memberikan pelayanan terbaik sebagai pelindung dan pengayom masyarakat," kata Jenderal Agus yang juga teman satu angkatan Kapolri Jenderal Sigit.

Sebagai  pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat, peran Polri sangat penting dalam menyukseskan pembangunan nasional dengan terciptanya masyarakat yang tentram, adil dan sejahtera. 

Jaksa Agung, Sanitiar Burhanuddin berharap, di usia yang semakin matang ini, Polri dan Kejaksaan semakin menjalin seinergisitas penegakan hukum yang berkeadilan guna terciptanya situasi perekonomian yang stabil. Kondisi itu sangat dibutuhkan dalam menyongsong Indonesia emas 2045.

“ Tema ‘Polri Presisi Mendukung Percepatan Ekonomi yang Inklusi dan Berkelanjutan Mendukung Indonesia Emas’ bersinergi  dengan penegakan hukum yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan, serta aktif mendukung percepatan transformasi ekonomi menuju Indonesia Emas tahun 2045,” ungkap Jaksa Agung.

Sebelumnya, dalam buku ‘ Meniti Gelombang Reformasi’ Komjen (Pur) Noegroho Djajoesman, berpandangan, apabila Polri menjalankan Tufoksi dengan sepenuh hati, itulah konsep polisi profesional. Sesuai dengan filosofi yang menyebutkan Polisi itu ada di mana- mana tapi tidak ke mana-mana. Kalau setiap anggota Polri benar-benar menjalankan Tufoksi nya  dengan baik, pasti Polisi akan dihargai rakyat.  Polisi berhasil apabila Polisi itu dikenal oleh rakyat. 

Pasca HUT Bhayangkara ke -78, pertanyaan publik bukan lagi samata soal, apakah Polri sungguh-sungguh dan sepenuh hati melaksanakan Tufoksinya? Atau apakah seluruh masyarakat memperoleh rasa keadilan dan manfaat serta kepastian, ketika Polri melaksanakan penegakan hukum. 
Publik juga tidak lagi hanya melontarkan pertanyaan, mengapa masih terjadi ketidak adilan diberbagai sudut wilayah negeri ini. Atau soal perilaku oknum Polri yang  terlibat kejahatan dan menyakiti hati rakyat. Bukan semata hanya soal itu … 

Sungguh, seluruh masyarakat dimanjakan saat diundang Polri untuk merayakan Pesta Rakyat  yang digelar di Monas pada 1 Juli hingga pukul 22.00 WIB. Apalagi masyarakat tidak perlu pusing, karena Polri sudah menggandeng 150 UMKM untuk menyiapkan  makan dan minum gratis.  Bukan hanya itu, masyarakat juga dihubur sejumlah artis papan atas. 

"Mari datang ke acara Pesta Rakyat dalam rangka HUT ke-78 Bhayangkara di Lapangan Monas pukul 14.00 hingga 22.00 WIB. Acara ini gratis, makanan dan minuman yang disediakan oleh 150 UMKM juga gratis," kata Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya, Minggu (30/6/2024).

Puluhan ribu warga dari berbagai wilayah hadir di Monas. Seraya menikmati makanan dan minuman gratis juga dihibur artis-artis kondang. Lalu goyang bersama para pimpinan Polri. Kemeriahan pesta rakyat membuat warga senyum bahagia.

Tetapi di tengah kemeriahan pesta rakyat di Monas Jakarta, sebagian masyarakat  bertanya. Bagaimana cara dan kesiapan anggaran Polri hingga dapat menggelar Pesta Rakyat semegah dan semeriah itu. 

Apakah Polri perlu  menjelaskan secara rinci ? Tentu perlu, sebagai wujud tata kelola keuangan yang bersih, transparan dan akuntable serta dapat dipercaya. Sekaligus menghindari prasangka terus bergulir yang potensi menjelma menjadi fitnah. Maupun upaya mempertahankan dan meningkatkan citra positif Polri, sesuai hasil survei Litbang Kompas terkait Citra Positif Lembaga Negara yang dilaksanakan pada 27 Mei-2 Juni 2024 lalu. 

Selamat HUT Bhayangkara ke- 78, dari warga yang selalu berharap, seluruh anggota Polri tetap sosok sahabat yang menyenangkan. Serta penjaga kehidupan dan pelopor perubahan. Salam Presisi. 0 Edison Siahaan


 

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Minggu, 26 Februari 2023
Jumat, 03 Februari 2023
Kamis, 26 Januari 2023
Kamis, 29 Desember 2022
Sabtu, 19 November 2022
Rabu, 09 November 2022
Sabtu, 22 Oktober 2022
Minggu, 02 Oktober 2022
Minggu, 02 Oktober 2022
Selasa, 20 September 2022
Senin, 12 September 2022
Kamis, 01 September 2022