Jumat, 19 Juni 2015 09:05:09

Sirkus Birokrasi

Sirkus Birokrasi

Beritabatavia.com - Berita tentang Sirkus Birokrasi

Sejenak saat menyaksikan permainan-permainan sirkus yang mempertontonkan kepiawaian para pawang, pelatih dalam mendidik binatang-binatang, tentu bisa ...

Sirkus Birokrasi Ist.
Beritabatavia.com - Sejenak saat menyaksikan permainan-permainan sirkus yang mempertontonkan kepiawaian para pawang, pelatih dalam mendidik binatang-binatang, tentu bisa menimbulkan rasa kagum. Karena para binatang mampu melakukan apa saja yang diperintahkan oleh pawangnya. 

Para binatang begitu patuh pada sang pawang termasuk binatang-binatang buas. Mengapa mereka patuh? Benarkah loyal dengan tulus kepada sang pawang?

Bisa jadi iya, karena  sang pawang selalu bersama mereka, namun ada sesuatu hal yang merupakan kecerdasan sang pawang dalam mendidik. Mengajar binatang tentu tidak bisa dengan cara belajar ala manusia, seperti mengajarkan bagaimana  membaca, menulis atau berbicara. Melainkan dengan gerak, tantangan dan diberi makanan.

Makanan inilah sebagai imbalan mereka dalam melakukan pekerjaan dan menjadikan para binatang  cepat melakukan sesuatu meskipun tanpa tahu apa maksudnya. Karena, yang penting dapat makanan dan cukuplah ia puas. Dan siap mengulang dan mengulang apa saja yang diperintahkan sang pawang.

Bagaimana dengan birokrasi yang sekarang kita lihat ? Mereka melayani dengan baik, bekerja cepat tatkala harus diberi uang pelicin, di beri imbalan, diberi bermacam-macam upah dan tambahan gaji. Tuluskah mereka bekerja ? Sadarkah mereka tatkala penuh dengan keluh kesah dan  hanya demi  uang baru  bekerja baik adalah suatu penghianatan ?

Tentu saja mereka tidak peduli dengan apa yang dipertanyakan. Karena yang penting uang dulu, menjilat jilatpun akan dilakukan dan terus dibangga-banggakan.

Sirkus birokrasi ? Sepertinya menohok dan menusuk perasaan birokrat, tetapi tidak sama sekali tidak. Ungkapan ini sebenarnya analogi penyadaran bahwa tatkala hanya uang, uang dan uang di otak kita makan kita tak beda dengan sirkus tadi.

Semua pendekatan uang , semua kebanggaan hanya uang dan semua hanya uang. Walau hidup memerlukan uang namun janganlah diperbudak uang. Manusia masih memiliki hati, otak, jiwa yang lebih berharga dan mulia daripada uang. O Kombes DR CDL


Berita Terpopuler
Kamis, 19 November 2020
Berita Lainnya
Selasa, 23 Juni 2020
Senin, 15 Juni 2020
Selasa, 09 Juni 2020
Kamis, 04 Juni 2020
Kamis, 28 Mei 2020
Selasa, 26 Mei 2020
Sabtu, 23 Mei 2020
Rabu, 20 Mei 2020
Kamis, 14 Mei 2020
Senin, 04 Mei 2020
Senin, 27 April 2020
Sabtu, 25 April 2020