Kamis, 14 Februari 2019

Menunggu Irjen Gatot Eddy Wujudkan Kamseltibcarlantas

Menunggu Irjen Gatot Eddy Wujudkan Kamseltibcarlantas

Beritabatavia.com - Berita tentang Menunggu Irjen Gatot Eddy Wujudkan Kamseltibcarlantas

Penyebab permasalahan lalu lintas (Lalin)  tidak sesulit menemukan penyebab kasus tindak pidana seperti pencurian atau tindak pidana lainnya. ...

Ist.
Beritabatavia.com - Penyebab permasalahan lalu lintas (Lalin)  tidak sesulit menemukan penyebab kasus tindak pidana seperti pencurian atau tindak pidana lainnya. Karena, penyebab permasalahan lalu lintas terang benderang, jelas dan ada didepan mata. Apabila permasalahan lalu lintas masih terus terjadi, maka dapat dipastikan karena   penyebabnya belum disentuh.

Publik berharap Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono, dapat merubah wajah lalu lintas di ibukota Jakarta. Sebab, kondisi lalu lintas dan angkutan jalan di ibukota Jakarta dan sekitarnya masih menjadi permasalahan yang belum terselesaikan (unresolved risk).

Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan menyebutkan, lalu lintas memiliki peran penting untuk mendukung pembangunan. Serta sarana efektif meningkatkan integritas nasional. Sehingga pemerintah wajib untuk mewujudkan keamanan, keselamatan,ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Dalam upaya mewujudkan Kamseltibcarlantas, Polri bertanggungjawab dibidang registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor dan pengemudi, serta penegakan hukum, operasi manajemen dan rekayasa lalu lintas dan pendidikan berlalu lintas. Artinya, Polri adalah instansi yang bertanggungjawab mewujudkan Kamseltibcarlantas dan mengatasi permasalahan lalu lintas seperti kemacetan dan kecelakaan.

Sayangnya, kondisi lalu lintas Ibukota Jakarta masih menjadi momok menakutkan bagi warga. Kemacetan hebat terus terjadi di hampir seluruh ruas jalan Ibukota Jakarta. Bahkan kemacetan sudah mengganggu aktivitas dan mematikan kreatifitas serta memicu meningkatnya stress masyarakat. Kemacetan juga menimbulkan kerugian masyarakat akibat pemborosan penggunaan bahan bakar.

Menjamurnya kendaraan angkutan umum berbasis aplikasi yang tidak memenuhi persyaratan, menambah kegaduhan lalu lintas di Ibukota Jakarta. Legalisasi angkutan umum berbasis aplikasi menjadi sengketa yang potensi memicu konflik. Anehnya, pemerintah dan Polri menuai kesan sedang berternak konflik karena membiarkan praktik ilegal beroperasi di jalan raya. Padahal membiarkan kehadiran kendaraan angkutan umum ilegal terus dibiarkan, maka sangat potensi memicu terjadinya konflik ditengah masyarakat.

Dalam kondisi lalu lintas Ibukota Jakarta yang sudah masuk katagori abnormal dan diwarnai beragam permasalahan. Ekspektasi publik semakin besar kepada Polri untuk mewujudkan Kamseltibcarlantas.  Apabila Polri dapat mewujudkan Kamseltibcarlantas sesuai dengan harapan masyarakat. Maka, menjadi sebuah momentum yang baik untuk membangun dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Pergantian Kapolda Metro Jaya hendaknya momentum untuk jajarannya agar lebih fokus,serius,tulus dan memperkaya inovasi untuk mengatasi beragam permasalahan lalu lintas,khususnya kemacetan. Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono harus terus memompa semangat dan motivasi seluruh jajarannya khususnya Direktorat Lalu Lintas.
 
Irjen Gatot Eddy Pramono, tidak boleh alpa mengingatkan dan mendorong Direktorat Lalu Lintas agar meningkatkan kualitas pelayanan, dan pengetahuan untuk membangun koordinasi dengan instansi terkait. Sehingga dapat bersinergi dengan pihak-pihak yang terkait  dalam upaya mewujudkan Kamseltibcarlantas di Ibukota Jakarta dan sekitarnya.

Lalu lintas adalah cermin budaya sekaligus potret modrenitas sebuah bangsa serta urat nadi kehidupan. Sebagian besar masyarakat melaksanakan aktifitas di jalan raya, bahkan masyarakat modern sudah menjadikan lalu lintas sebagai kebutuhan.

Hendaknya Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono yang memiliki kemampuan luar biasa, dapat memenuhi ekspektasi masyarakat yang rindu  terwujudnya Kamseltibcarlantas di Ibukota Jakarta dan sekitarnya. O Edison Siahaan /Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch (ITW).

 





Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Sabtu, 09 Februari 2019
Selasa, 22 Januari 2019
Jumat, 18 Januari 2019
Jumat, 18 Januari 2019
Selasa, 15 Januari 2019
Jumat, 04 Januari 2019
Selasa, 01 Januari 2019
Jumat, 28 Desember 2018
Selasa, 25 Desember 2018
Jumat, 14 Desember 2018
Rabu, 12 Desember 2018
Kamis, 29 November 2018